Menanti Senja Embung Nglanggeran

18 Januari 2015 at 3:24 am 2 komentar

image

Waktu menunjukkan pukul 15:00 wib, mendung tipis masih saja bergelayut diatas langit sore itu. Hari itu minggu pertama diawal tahun 2015 saya bersama keluarga berencana pergi main ke Embung Nglanggeran.

Sejak diresmikan oleh Gubernur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 19 Februari 2013 lalu saya memang belum  pernah sekalipun pergi ke tempat itu.

Mengunjungi Embung Nglanggeran sebenarnya sudah saya rencanakan pada liburan lebaran tahun 2014 kemarin, tetapi apa daya saat itu belum kesampaian karena keterbatasan waktu liburan sehingga terpaksa niatan itu tertunda.

Kami berangkat dari Wonosari dengan mengambil rute : Siyono-Gading-pertigaan Sambipitu ke kanan kemudian kekiri menuju Nglanggeran. Rute tersebut adalah rute terdekat bila kita berangkat dari Wonosari.

Tiba dipintu gerbang masuk embung, jalan aspal mulus berganti dengan jalan berbatu. Tidak lama setelah itu kita akan melewati pos restribusi. Tiket masuk dipatok Rp. 5000 per orang, itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Sekitar kurang lebih 500 m dari pos restribusi tibalah kami di plataran parkir Embung Nglanggeran yang tergolong luas.

Untuk sampai di embung, kita masih harus menaiki beberapa anak tangga menuju keatas. Sampai diatas ternyata pengunjungnya sudah lumayan banyak.

Embung ini tidak terlalu luas. Embung dikelilingi jalan setapak yang dibatasi pagar besi. Disekeliling embung juga terdapat lampu unik sebagai penerang dimalam hari. Ada juga beberapa gazebo yang disediakan pengelola sebagai tempat beristirahat.

Kami memilih gazebo paling atas untuk beristirahat. Dari atas sini kita dapat memandang luas hijau daratan yang membentang seolah tanpa batas, satu satunya yang menjadi batasan hanya kemampuan jangkauan optik mata kita. Indah.

Embung Nglanggeran sendiri adalah danau buatan yang terletak di atas bukit di Padukuhan Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Koordinat GPS nya S7°50’50.0″ E110°32’48.0″.

Fungsi utama embung itu sebenarnya adalah sebagai tempat penampungan air untuk pengairan kebun buah milik masyarakat yang berada dibawahnya. Lokasi embung yang berada diatas bukit dan berdekatan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran menjadikan embung memiliki pemandangan yang indah sehingga menjadi modal tersendiri untuk dapat dijual sebagai tempat wisata.

Pengelola tempat ini tergolong komunikatif terhadap pengunjung yang secara kontinyu menginformasikan sejarah asal usul dan kondisi embung melalui pengeras suara.

Senja telah tiba. Para pengunjung yang didominasi anak muda mulai menyiapkan kameranya untuk mengabadikan momen senja yang sebentar lagi datang. Terlihat beberapa pasang anak muda sedang asik berpose mencari spot yang diinginkan.

Foto backlight berlatar belakang sunset Embung Nglanggeran memang sudah terlalu  mainstream bagi para pemburu senja di tempat ini.

Senja di Embung Nglanggeran memang begitu menggoda, burat cahaya keemasan terlihat begitu indah di batas barat cakrawala mengantar sang surya pulang keperaduan. Embung ini merupakan spot sempurna untuk menikmati sunset di Jogja.

image

image

image

image

image

Hari semakin sore, pengunjung embung bukannya berkurang tetapi malah semakin bertambah. Disaat mereka asik menikmati senja dengan cara mereka, kami memutuskan untuk pulang.

-ipg

Entry filed under: Curhat, Informasi, Oase. Tags: , , , .

Jogjakarta Off Road Challenge III Nostalgia Ceria Bermain Layang – Layang

2 Komentar Add your own

  • 1. heru goa pindul  |  8 Juni 2015 pukul 10:20 pm

    wisata embung nglanggeran memang sangat bagus..

    Balas
    • 2. masipoeng  |  8 Juni 2015 pukul 10:49 pm

      Potensi alam gunungkidul memang luar biasa mas, ayo munculkan lagi yang baru

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: