Bobung, Desa Wisata Tak Pernah Tidur

6 Mei 2012 at 12:09 am 2 komentar

BOBUNG termasuk desa wisata andalan di Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya yang sejalur dengan obyek wisata Gunung Nglanggeran memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata yang berada di Kecamatan Patuk ini.

pengrajin topeng bobung

 

Memasuki pintu masuk Bobung, wisatawan bisa menikmati pemandangan aliran air yang berasal dari bendungan, menuju Desa Wisata di kanan dan kiri jalan melihat masyarakat i memperoduksi kerajinan kayu terutama topeng. Sebanyak 90 persen warga Bobung menggantungkan hidupnya sebagai perajin, sehingga desa wisata ini seakan tidak pernah ‘tidur’, baik siang maupun malam hari perajin terus memproduksi pesanan yang datang.

Berkunjung ke Desa Wisata Bobung, selain melihat langsung hasil kerajinan, wisatawan bisa mengamati proses pembuatan kerajinan. Bahkan  pengunjung  bisa belajar membuat topeng secara langsung. Desa Wisata Bobung berjarak 30 kilometer ke timur dari Kota Yogyakarta atau 10 kilometer ke arah barat dari Kota Wonosari.

Menurut Ny Maryati salah satu pemilik kerajinan, memang terdapat paket wisata di Bobung, tergantung permintaan dari wisatawan, biasanya sudah terdapat agen yang membawa rombongan, sehingga masyarakat tinggal menyediakan fasilitas maupun memberikan latihan untuk membuat topeng. Wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin menginap di Desa Wisata Bobung, sebab juga sudah menyediakan fasilitas home stay. Banyaknya kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara, juga membuat masyarakat memiliki paket yang menawarkan  pertunjukkan atraksi tari topeng maupun kesenian lain seperti jathilan dan reog.

“Bila ada yang memesan paket wisata, tentunya masyarakat akan menyediakan fasilitas penginapan, pertunjukan atraksi kesenian, termasuk wisatawan yang ingin belajar membuat topeng,”jelasnya

krjogja.com

Entry filed under: Informasi, Seni Budaya. Tags: , , .

Goa Pindul Keindahan Khas Perbukitan Karst Pantai Deniang, Pesona Tersembunyi Di Balik Batuan Granit

2 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: