Panasnya Musim Kemarau

27 September 2011 at 10:35 pm 2 komentar

Beberapa – hari ini cuaca di pulau Bangka sungguh terasa panas. Musim kemarau memang sedang berlangsung tapi pada bulan-bulan yang lalu cuaca tidaklah sepanas beberapa hari ini. Tidak hanya siang hari yang terasa panas, pada malam haripun udara masih terasa gerah.

Pernah beberapa hari yang lalu hujan tiba-tiba datang dan banyak orang mengira musim hujan sudah diambang pintu, tapi sampai hari ini hujan yang datang teryata hilang tak berbekas berganti dengan cuaca panas yang begitu menyengat.

Seperti kemarin sewaktu saya berkesempatan pulang kampoeng ke Gunungkidul, tanah- tanah merah kering menjadi pemandangan umum disepanjang jalan desa. Telaga-telaga yang dulu penuh terisi air sekarang yang tersisa tinggal tanah kering kerontang tanpa dihuni setetes airpun.

Untung air dari PAM masih setia mengalir ke rumah, kalau tidak terpaksa beli air dari truk tangki yang harganya cukup mahal. Tidak terbayang bila harus jual ini itu hanya sekedar membeli stock air selama satu bulan atau bahkan cuma satu minggu.  :(

Berbeda dengan kondisi cuaca di Bangka, disana (baca : Gunungkidul) pada siang hari memang terasa puanas tetapi bila malam telah tiba udara akan terasa begitu duingin sekali. Letak geografis suatu daerah memang akan sangat mempengaruhi tingkat kelembaban udara di daerah tersebut.

Bumi ini terasa makin panas saja, efek pemanasan global semakin terasa. Udara panas, badan gerah mandi keringat menjadi makanan tiap hari. Minum air putih yang banyak mungkin langkah yang tepat agar terhindar dari dehidrasi.

Semoga kondisi yang demikian tidak berlangsung lama. Kemarau ini cepatlah berlalu berganti dengan musim hujan untuk kelangsungan kehidupan di bumi ini.

(ipg)

Entry filed under: Curhat, Oase. Tags: , , , .

Hujan Mulai Turun Di Gunungkidul Nikmatnya Botok Laron di Musim Hujan

2 Komentar Add your own

  • 1. giewahyudi  |  28 September 2011 pukul 8:49 am

    tapi optimis Mas, bentar lagi musim hujan..

    Balas
  • 2. masipoeng  |  28 September 2011 pukul 9:32 am

    harapan kita smua mas 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: