Road Race Balap Senggol Ajang Adu Nyali

22 Mei 2011 at 10:27 pm 2 komentar

Road Race – Setelah sekian lama tidak pernah menyaksikan secara langsung ajang balap kuda besi akhirnya siang tadi kerinduan saya akan tontonan itu kesampaian juga meskipun harus merelakan kulit ini terbakar panasnya matahari. Maklumlah semenjak saya tinggal di kota ini belum pernah sekalipun saya menyaksikan ajang balap seperti ini.

Gelaran bertajuk YOMR (Yamaha One Make Race) seri II akhirnya singgah di kota Sungailiat Bangka bertempat di jalan raya di lingkungan kompleks perkantoran Kabupaten Bangka. Jalan raya yang kesehariannya dipakai untuk lalu-lalang pengendara disulap menjadi arena balap hanya dengan pembatas ban-ban bekas dan karung-karung pasir.

Race diikuti pembalap-pembalap berbakat dari pulau Bangka dan ada juga dari luar daerah yaitu Yogyakarta  2 pembalap dan dari Jakarta 1 pembalap. Adanya peserta dari luar daerah mungkin dimaksudkan agar para pembalap lokal Bangka mengetahui peta persaingan di luar pulau Bangka sehingga akan lebih terpacu untuk bisa bersaing meningkatkan prestasi.

Banyak kelas yang dipertandingkan dalam ajang ini antara lain, kelas bebek standart 2 tak 110 cc pemula, matix mio, bebek 4 tak 125 cc pemula, bebek tune up 115 cc pemula, Jupiter MX  135 cc tune up open, bebek 4 tak 110 cc tune up open dan ada beberapa kelas lagi saya lupa.

Pertandingan diselenggarakan dalam dua hari yaitu hari sabtu dan minggu (21 s/d 22/05/2011). Pada hari sabtu dilaksanakan babak kualifikasi untuk menyaring pembalap yang nantinya akan bertanding di final pada keesokan harinya. Sayangnya pada hari sabtu cuaca kota Sungailiat tidak bersahabat. Hujan deras mewarnai sepanjang hari dari siang sampai sore hari.

Tidak halnya dengan gelaran final pada keesokan harinya. Cuaca dihari minggu ini sangat bersahabat. Mentari bersinar terik membuat andrenalin para pembalap semakin terpacu.

Raungan knalpot racing para pembalap menandai dimulainya gelaran balap senggol (istilah lain road race). Para pembalap saling adu nyali menggeber secepat mungkin motornya. Insiden bersenggolan antar pembalap mewarnai jalannya balapan.

Kelas demi kelas selesai dipertandingkan. Hasilnya bisa ditebak, pembalap-pembalap dari pulau Jawa yang lebih berpengalaman mendominasi hampir di semua kelas yang dipertandingkan selain kelas lokal Bangka. Pembalap Diaz Kumoro Jati dan R. Fadhil Aulia dari kota Yogyakarta saling berbagi gelar di berbagai kelas. Tampaknya pembalap lokal Bangka masih kalah pengalaman dan harus menambah jam terbang serta rajin mengikuti event-event balap tingkat Nasional agar lebih bisa bersaing. Wuiiih.. udah kayah wartawan olah raga aja 🙂

Antusiasme penonton dalam gelaran ini cukup tinggi. Tapi sayang tidak dibarengi dengan kesadaran akan ketertiban saat menonton. Disaat race tengah berlangsung masih terlihat beberapa penonton lalu-lalang melintasi arena balap. Pihak panitia telah berkali-kali menyampaikan peringatan akan bahaya tersebut. Tetapi masih saja ada yang bandel.

Benar saja insiden pun tak dapat dielakkan saat final bebek 2 tak seorang pembalap yang berusaha menikung malah keluar jalur dan menabrak penonton yang berada didalam pinggir arena. Walalupun tidak parah 4 orang penonton terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

(ipg)

Entry filed under: Informasi, Oase. Tags: , , .

Pasar Tradisional Refleksi Kehidupan Pedesaan Mangun Suwito, ‘Tarzan’ dari Mulusan Paliyan

2 Komentar Add your own

  • 1. Mabruri Sirampog  |  23 Mei 2011 pukul 3:02 pm

    saya juga belum pernah liat trek2an langsung mas…😀

    Balas
    • 2. masipoeng  |  23 Mei 2011 pukul 10:11 pm

      sekali-kali lihat langsung mas, seru…🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: