Kartini Dulu, Hari Ini Dan Akan Datang

21 April 2011 at 4:04 pm 2 komentar

Pagi ini – sebelum berangkat kerja sayup-sayup saya mendengar tangisan keponakanku yang baru duduk dikelas 1 SD tidak mau berangkat ke sekolah. Ternyata ia nangis pengen pakai baju kebaya kecil sama seperti yang dikenakan teman-temannya. Setelah dikasih tahu bahwa baju yang dipakai itu tidak kalah bagus dari yang dipakai temem-temennya baru ia mau berangakat ke sekolah.

Saya baru teringat ternyata hari ini tanggal 21 April dimana bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Andai saya tidak mendengar suara tangisan keponakanku mungkin saya sudah lupa bahwa hari ini adalah hari Kartini. Yang saya ingat selama ini cuma hari besar yang warnanya merah di kalender. Maklumlah bukan anak sekolahan lagišŸ˜‰

Sosok Kartini selama ini dikenal sebagai sosok pendobrak emansipasi perempuan di Indonesia.Ā  Sikap pemberontaknya akan tradisi kuno yang membelenggu hak-hak perempuan menjadi tonggak sejarah serta menjadi inspirasi bagi kaum perempuan masa kini untuk lebih berani memainkan perannya dalam bermasyarakat.

Warisan akan sikap pemberontak Kartini dimasa lampau sudah mulai dirasakan manfaatnya bagi perempuan masa kini. Kini kesetaraan gender sudah mulai dirasakan kaum hawa walaupun belum sepenuhnya dirasakan perempuan Indonesia. Perubahan pola pikir perempuan masa kini yang lebih maju & modern merupakan salah satu contohnya.

Tapi diluar itu semua masih banyak permasalahan menyangkut perempuan yang perlu perhatian lebih dari pemerintah. Permasalahan TKW, perdagangan perempuan dan ekspoitasi berlebihan terhadap perempuan masih menjadi isue hangat di Indonesia. Andai Kartini masih hidup pasti akan sangat bersedih melihat ini semua.

Sebagai kaum adam saya sendiri telah merasakan peranan perempuan yang telah mendapatkan tempat di berbagai sektor walaupun belum menjadi yang dominan.

Semoga semangat & falsafah hidup Kartini masa lampau akan selalu menjadi inspirasi untuk Kartini – Kartini dimasa kini dan masa yang akan datang serta permasalahan perempuan diharapkan akan segera diatasiĀ  sehingga Kartini bisa tersenyum kembaliĀ šŸ™‚

(ipg)

Entry filed under: Inspirasi, Oase. Tags: .

Sastra Jawa Kini Tidak Lagi Ndeso Keindahan Tersembunyi Gunung Gambar

2 Komentar Add your own

  • 1. Mabruri Sirampog  |  22 April 2011 pukul 2:34 pm

    selamat hari Kartini untuk wanita2 Indonesia…

    Balas
    • 2. masipoeng  |  22 April 2011 pukul 10:22 pm

      moga wanita2 Indonesia makin pinter2

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: