Wayang Republik Untuk Perjuangan Keistimewaan DIY

14 April 2011 at 12:08 am Tinggalkan komentar

WONOSARI – Sosialisasi tentang Keistimewaan DIY terutama tentang sejarah keistimewaan DIY dilakukan lewat pagelaran wayang republik. Wayang dengan dalang Ki Gatot Bayu Kuncoro dari Yogyakarta mendapatkan perhatian dari anggota DPD RI dari DIY, Bupati Hj Badingah beserta Muspida, kepala SKPD serta sejumlah tokoh masyarakat Gunungkidul, di Bangsal Sewokoprojo, Rabu (13/4) siang.

GKR Hemas selaku anggota DPD RI dari DIY sebelum pementasan wayang republik menyatakan, anggota DPD RI terutama dari DIY terus berjuang dan mengawal RUUK agar tetap mengapresiasi dari asprirasi masyarakat DIY saat ini. Warga Gunungkidul yang merupakan bagian dari DIY diharapkan terus berjuang agar DIY tetap istimewa dan Gubernur dan Wakil Gubernur ditetapkan tidak melalui pemilihan.

Pihaknya berharap dengan adanya pementasan wayang republik dengan cerita kilas balik tentang perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan, juga peran aktif Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat dalam perjuangan kemerdekaan RI.

GKR Hemas memberikan tokoh wayang Sri Sultan Hamengku Buwono IX kepada dalang Ki Gatot Bayu Kuncoro. Pentas wayang unik diawali dengan sejarah kemerdekaan RI, penggabungan Kerajaan Yogyakarta ke dalam wilayah NKRI juga sejarah tentang peran serta Kerajaan Mataram dalam mempertahankan kemerdekaan RI, terutama ketika Ibukota RI pindah ke Yogyakarta. Pentas wayang republik mendapatkan perhatian serius dari para hadirin.

Ketua Panitia Sosialisasi RUUK DIY dan pentas wayang republik Agus Priyanto SH MM dalam laporannya menyatakan bahwa sosialisasi RUUK dan sarasehan kebangsaan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai sejarah bahwa Yogyakarta tetap istimewa. Juga untuk memupuk rasa semangat nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air agar tetap terpatri disetiap hati sanubari rakyat Indonesia.

(KRjogja.com)

Entry filed under: Seni Budaya. Tags: , , , .

Mantap, Ada Dusun Di Gunungkidul Bebas Asap Rokok Tinggal Gunungkidul yang belum diserang ulat bulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: