Tradisi Bersih Desa Sokoliman Karangmojo

12 April 2011 at 4:36 pm Tinggalkan komentar

Bersih Desa – Di kabupaten Gunungkidul masih dijumpai beberapa desa yang masih melakukan ritual Bersih Desa atau dalam bahasa lain “Rasulan”. Ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan untuk menyemarakkan Bersih Desa tersebut. Mulai dari gelaran pentas seni, kirab budaya, pertandingan olah raga, genduri,  dll.

Belum lama ini tepatnya tanggal 7 april 2011 (kamis kliwon) desa Sokoliman yang berkecamatan Karangmojo ini juga melakukan bersih desa. Bersih desa yang mereka lakukan adalah membersihkan sungai dan sumur yang berada di desanya , kegiatan membersihkan sungai dan sumur itu dilakukan sebelum hari H atau sebelum tanggal 7 april 2011 kemarin, karena pada tanggal 7 april (kamis kliwon) itu di desa Sokoliman ada ritual genduri yaitu membuat makanan yang dibawa ke sungai dan sumur. Itu wajib dilakukan setiap rumah yang ada di desa Sokoliman. Tempat untuk membawa genduri pun cukup unik karena terbuat dari pohon pisang yang dibuat bentuk seperti besek.

Setelah makanan dan para warga sampai di sumur, maka dilakukan doa oleh salah satu orang yang di tuakan di desa sokoliman. Setelah doa dan ritual selesai makanan-makanan yang dibawa itu dibagi-bagikan kepada orang-orang yang berada di tempat itu seperti penjual dan orang-orang yang melihat yang berasal dari desa lain.

Di desa Ngunung Abang kecamatan Karangmojo juga ada bersih desa, di Ngunung Abang juga membersihkan sumur dan sungai yang berada di desanya. Hanya saja yang membedakan di sana ada pertunjukan tayub ( tarian-tarian) sebelum ritual doa dan pembagian genduri. Penari tayup berasal dari warga desa itu sendiri. Kalau di desa Ngunung abang bersih desa dilakukan pada tanggal 4 april 2011 ( senin pahing) kemarin. Ritual itu juga dilakukan setiap tahun dan sudah turun-temurun.

(kompas.com)

Entry filed under: Seni Budaya. Tags: , , .

Klitikan, Murah Bukan Berarti Murahan Mantap, Ada Dusun Di Gunungkidul Bebas Asap Rokok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: