Legitnya Tiwul Dan Gatot Yu Tum Wonosari

7 April 2011 at 4:26 pm Tinggalkan komentar

Tiwul dan gatot. Inilah masakan khas warga yang menetap di Gunung Kidul Yogyakarta. Menggunakan resep masakan yang alami kini banyak diburu warga di luar Gunung Kidul. Salah satu warung atau toko yang menyediakan masakan khas Gunung Kidul ini adalah warung Yu Tum di Jalan Pramuka, Kota Wonosari, Gunung Kidul.

Mampir sejenak di warung Yu Tum pembeli akan mendapatkan rasa yang berbeda. Soalnya Tumiran atau biasa disapa Yu Tum pandai meracik tiwul dan gatot. Ia memberikan variasi rasa pada tiwul dengan menambahkan rasa jahe dan beberapa rasa khas lain.

Kualitas bahan baku sangat diperhatikan Yu Tum dan 25 pekerjanya setiap hari. Untuk membuat gatot, ia benar-benar memilih ketela yang terbaik. Gatot adalah makanan berbahan baku ketela yang sudah dibusukan selama beberapa bulan. Barulah kemudian dimasak.

Sedangkan utnuk tiwul, parutan ketela yang halus menjadi unggulan. Parutan ketela yang disaring hingga halus dicampur dengan gula Jawa dan daun jeruk purut. Rasanya makin kuat untuk setiap tiwul yang dihasilkan toko.

Beberapa pembeli seperti dari Klaten dan Solo mengaku, rasa yang manis gatot dan tiwul buatan Yu Tum berbeda dibanding di warung lain.

Jangan lupa membeli dalam jumlah yang banyak sekaligus untuk oleh-oleh keluarga. Harganya cukup murah. Porsi kecil gatot dan tiwul dibandrol Rp 5 ribu per bungkus. Sedangkan untuk ukuran sedang harganmya cuma Rp 10 ribu. Sedangkan untuk porsi jumbo dihargai Rp 15 ribu per bungkus.

Karena murah dan sedap, tiap hari tak kurang dari 150 porsi tiwul dan gatot ukuran besar habis diserbu pembeli. Menurut Supini, yang saat ini megelola toko tersebut, per hari menghabiskan 70 kilogram gatot dan 40 kilogram tepung ketela.

(liputan6.com)

Entry filed under: Oase. Tags: , .

Gudeg Mercon Bu Ngatirah, Nendang Pedasnya Special Bakmi Kadin Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: