Galang Donasi Bagi Merapi Melalui 3G Merapi

18 Maret 2011 at 8:36 pm Tinggalkan komentar

Komunitas Peduli Merapi – yang terdiri dari ICT Watch, Jalin Merapi, Internet Sehat, Komunitas Blogger Bengawan, Joglo Abang, [aikon] menggelar acara seni tradisi bagi korban pasca erupsi Merai bertajuk ‘Guyub Gugur Gunung Merapi’ (3G Merapi) di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Kegiatan ini menampilkan pertunjukan seni rakyat, donasi, aneka lomba, lelang foto, diskusi, dan pemutaran film yang semua hasilnya akan disumbangkan kepada para pengungsi Merapi yang berada di Cangkringan Sleman dan Jumoyo Magelang.

Koordinator Media Center Jalin Merapi, Akhmad Nasir mengatakan kegiatan ini dilatar belakangi oleh keadaan para pengungsi Merapi khususnya yang paling parah di Cangkringan Sleman dan Jumoyo Magelang yang saat ini sudah terlupakan padahal kondisinya masih memerlukan ulurun bantuan tidak hanya sekedar kebutuhan logistik tetapi kebutuhan akan air bersih dan hunian sementara (huntara) justru paling diperlukan.

“Kami hanya sebagai mediator penyalur dan informasi tentang keadaan pengungsi Merapi dengan acara ini kami sekaligus mengingatkan kepada masyarakat yang perhatian masyarakat kepada korban Merapi sudah berkurang padahal kondisi para pengungsi disana masih serba kekurangan dan memprihatinkan,” katanya saat ditemui di TBY, Jalan Sriwedani, Yogyakarta, Jumat (18/3).

Ditambahkan Koordinator ICT Wacth, Donny Budi Utoyo, selain pertunjukan seni rakyat yang memang berasal dari lereng Merapi, juga digelar aneka kegiatan lain yaitu donasi berupa buku, alat sekolah untuk anak merapi, sembako dan bibit penghijauan, ada juga lomba Twit (hashtag #3Gmerapi) dan lomba Artikel Blog, lelang foto karya Kemal Jufri (Pemenang World Press Photo 2011), Achmad Ibrahim (Fotografer Associated Press) dan Dwi Oblo (Fotografer Reuters), nonton bareng film dokumenter pertama tentang gerakan sosial media di Indonesia yang mampu memantik sejumlah gerakan perubahan di tingkat akar rumput.

“Sejumlah kisah disampaikan langsung oleh pelakunya, dari tukang becak hingga petinggi KPK, dari komunitas difabel hingga relawan Merapi. dan pemutaran film ‘Lahar Dingin di Kali Putih’ karya Karman Project serta diskusi lesehan bertemakan ‘Posisi Media Sosial dalam Masyarakat Berdaya'” paparnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat terketuk hatinya kembali untuk membantu masyarakat Merapi yang benar-benar masih memerlukan bantuan tidak hanya sekedar pakaian bekas maupun bahan makanan tetapi kebutuhan lain yang belum bisa ditopang oleh mereka sendiri.

(KRjogja.com)

Entry filed under: Informasi, Seni Budaya. Tags: , .

Lezat Dan Renyahnya Si Wader Goreng Gemerlap Bukit Hargodumilah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: