Yogyakarta Kota Toleran

8 Maret 2011 at 10:06 pm Tinggalkan komentar

YOGYAKARTA – Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto bersama tokoh agama yang tergabung dalam Aliansi Jogja untuk Indonesia Damai (Aji Damai) mengukuhkan Yogyakarta sebagai Kota Toleran di Kompleks Balai Kota. Dalam kesempatan itu, Herry menyampaikan keprihatinan dengan tindakan kekerasan mengatasnamakan agama.

“Hidup rukun, damai, dan sejahtera adalah kebutuhan dasar setiap umat manusia. Kebutuhan rasa perdamaian membutuhkan kesadaan semua pihak untuk saling menghormati keragaman, menghormati perbedaan, bersedia untuk mengedepankan budaya, dialog, serta bekerja sama demi perdamaian,” ujar Herry, Kamis (3/3/2011).

Pria yang sudah dua periode menjabat wali kota ini menambahkan dari dulu hingga sekarang Yogyakarta tetap menjadi kota toleran. “Mudah-mudahan, ke depan, Yogya tetap menjadi kota toleran. Bahasa gaulnya, Jogja The City of Tolerance,” cetusnya.

Sementara itu koordinator pelaksana Aji Damai, Subkhi Ridho, menjelaskan latar belakang peneguhan Yogyakarta sebagai kota toleran ini terkait tindakan kekerasan yang terjadi di Pandeglang dan Temanggung.

Aji Damai, lanjut dia, memiliki misi mewujudkan sikap toleransi yang nyata di tengah kehidupan masyarakat. “Ketika perbedaan keyakinan, agama, etnis, budaya, betul-betul dijumpai lantas lupa akan makna hakiki dari keberimanan yang mengaku beragama. Akhirnya, ada legitimasi tindakan kekerasan dengan mengatasnamakan agama. Itu yang membuat kami prihatin,” tambahnya.

Pernyataan diikuti 48 elemen masyarakat. Lima tokoh agama yang turut hadir mengapresiasi adanya peneguhan Yogyakarta Kota Toleran.

(KR Jogja.com)

 

Entry filed under: Informasi. Tags: , .

WordPress Down Tidak Bisa di Akses Enam Tempat Wisata Menarik di Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: