Pantai Kukup Jadi Proyek Percontohan

8 Februari 2011 at 7:43 pm Tinggalkan komentar

Pantai Kukup – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (DIY) menjadikan kawasan pantai Kukup sebagai proyek percontohan penataan kawasan wisata pantai.

“Kami mulai melakukan pembenahan dan perbaikan sarana penunjang wisata pantai, dan pantai Kukup akan menjadi ‘pilot project’ untuk pengembangan dan penataan kawasan wisata pantai di Gunungkidul,” kata Kepala Disparbud Gunungkidul Sudodo di Wonosari, Jumat.

Menurut dia, Disparbud Gunungkidul telah merelokasi pedagang di kawasan pantai ke tempat yang lebih tertata, serta melakukan pembangunan area parkir baru yang diharapkan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.

Kawasan pesisir pantai Kukup akan  dikelola secara mandiri oleh masyarakat yang tinggal di sekitar pantai Kukup. “Kami akan melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap sejumlah masyarakat yang tergabung dalam kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis),” katanya.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya melakukan pembinaan terhadap lima Pokdarwis yang ada di pantai Kukup. Dengan pembinaan tersebut,  masyarakat akan merasa memiliki kawasan wisata itu.

“Program pengembangan wisata kami adalah mengembalikan kesadaran masyarakat untuk bertangung jawab dalam merawat, menata dan ikut memiliki segala sesuatu yang ada di kawasan wisata Kukup sehingga masyarakat akan senantiasa menjaga keindahan dan kebersihan kawasan wisata,” katanya.

Menurut dia, program pengembangan berbasis masyarakat dengan mengembalikan keutuhan objek wisata merupakan langkah efektif untuk melestarikan keindahan kawasan wisata. “Kami yakin dengan pembangunan yang benar maka keindahan pantai Kukup akan mengalahkan pantai Baron yang selama ini masih menjadi primadona kunjungan para wisatawan,” katanya.

KOMPAS.com

Entry filed under: Oase. Tags: , , .

Petani Padi Gunungkidul Pertahankan Swasembada Pangan Mbah Boncel Ngontel Gowes Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: