Petani Padi Gunungkidul Pertahankan Swasembada Pangan

2 Februari 2011 at 10:38 pm Tinggalkan komentar

WONOSARI – Memasuki bulan Februari ini warga Gunungkidul mulai panen padi dan palawija. Tercukupinya kebutuhan air dan minimnya serangan hama, membuat hasil panen melimpah sehingga mampu mempertahankan predikat swasembada pangan.

“Berdasarkan hasil  panen raya padi varitas ciherang dan hibrida di Desa Wareng Kecamatan Wonosari produksi hasil  penen mencapai 8 ton/ hektar. Angka ini jauh melebihi produksi tahun 2010 lalu yang rata-rata hanya 6,5 ton/ hektar,” ungkap Plt Bupati Gunungkidul Hj Badingah S Sos kepada KRjogja.com Selasa (1/2).

Prestasi ini diakui Wabup, bukan hanya karena ketekunan petani dan kejelian petugas penyuluh pertanian, tetapi juga dukungan musim terutama curah hujan yang cukup. “Karena lahan pertanian di Gunungkidul selama ini sangat mengandalkan curah hujan, sebagai satu-satunya cara untuk mengairi. Alhamdulillah, hujannya juga baik, sehingga berpengaruh besar pada peningkatan produksi,” tambahnya.

Meski di tahun 2011 ini swasembada pangan semakin mantap, tetapi diharapkan petani tidak lengah dengan pola hidup boros. “Kami juga percaya petani di Gunungkidul jarang sekali yang menjual beras. Hasil panen ladang ini lebih banyak digunakan untuk cadangan pangan. Meski setahun hanya bisa panen padi sekali, tetapi cadangan pangan tetap tersedia. Ini yang sangat membanggakan,” imbuh Badingah.

(KRjogja.com)

Entry filed under: Informasi. Tags: .

Angkringan di tengah euforia kuliner modern Pantai Kukup Jadi Proyek Percontohan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: