Penangulangan Kemiskinan di Gunungkidul dijadikan Pilot Project

25 Juli 2010 at 12:32 pm Tinggalkan komentar

Kabupaten Gunungkidul akan dijadikan lokasi uji coba (pilot proyek) Lembaga Pengembangan Dana Amanah untuk Penanggulangan Kemiskinan (LPDA-PK) tingkat nasional. Pilot proyek tersebut terfokus pada pengelolaan penyaluran dana dari donatur khususnya tingkat kabupaten/kota.

Asisten Deputi Menkokesra Urusan Keuangan Mikro dan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Drs Fuadi Yusuf mengatakan, Gunungkidul dijadikan pilot proyek untuk mendukung kegiatan di masyarakat secara berkelanjutan dalam program pengurangan angka kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja.

“Pemkab Gunungkidul diharapkan bertanggungjawab atas pembentukan pengurus lembaga pengelola dana bantuan dalam dan luar negeri untuk disalurkan ke masyarakat,” katanya saat sosialisasi di aula Bappeda, Rabu (21/7).

Penyaluran dana difasilitasi oleh pemerintah pusat melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. “Bantuan dana stimulan inisiatif LPDA-PK sebesar Rp 50 juta dari pemerintah, selanjutnya dikembangkan oleh pengelola di tingkat daerah kabupaten/kota.

Bentuknya berupa pendanaan usaha produktif, bantuan pendidikan sosial dan kesehatan serta perbaikan infrastruktur yang bisa menyerap tenaga kerja. Dalam pelaksanaannya dilakukan oleh tenaga teknis dan tenaga pendamping masyarakat. Selain di Gunungkidul juga telah terbentuk LPDA-PK di Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Sabang Provinsi Aceh. Selanjutnya akan direncanakan dibentuk di seluruh Indonesia.

Kepala Bappeda Gunungkidul Ir Syarif Armunanto menyambut positif pembentukan LPDA-PK. Sedangkan untuk pengurusnya diharapkan dari masing-masing kecamatan segera memberikan pembekalan sumber daya yang profesional. “Khusus untuk profesional pengelola harus bisa berbahasa Inggris karena berhubungan juga dengan donatur dari luar negeri,” katanya.

– krjogja.com

Entry filed under: Informasi. Tags: .

Kondisi Umum Kabupaten Gunungkidul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Pos-pos Terbaru

Statistik pengunjung

  • 48,375 hits

Mengenai anda

IP

tweet terbaru


%d blogger menyukai ini: